Senin, 25 Agustus 2008

Areal 0411 part 1

Ada hal yang berbeda saat pertama kali datang ke Makassar. Udah nyampe sana, tentu saja hal yang paling penting setelah tempat bermalam adalah makan... Bingung banget, susah nyari makanan yang pas ma selera ( karena gw baru liat2 menunya, belum nyoba... ). Yang dijual ikan bakar ( gak pake bumbu !!! Cuman dibakar doank... ), sayur pare ( kalo ini mah gw suka, tapi yang versi asli masakan Banjar :-), ma sayur2 berkuah yang namanya unik2, hehehe...

Apalagi waktu dihidangkan, duh, nasinya gede2 !!! Ini beras bangkok kali ya, pikir gw pertama kali waktu itu... Ya udah, masa makan aja pake pilih2, kayak anak2 aja... Makan diluar pertama kali adalah ditempat Pak RT di dekat kost gwe ( yang sungguh gak layak disebut rumah, :-(
Pesan nasi ma ikan pake bumbu. Sumpah, bener2 gak enak !!! ( maaf ya Pak RT, waktu itu saya bo'ong bilang masakan bini sampeyan paling gurih... peace !!! ) Abis makan itu gw bertekad agar lain kali masak di kost aja, biar sesuai ma lidah...

Belanja deh ke pasar yang notabene deket banget ma kost. Ya amplop, dipasar yang dijual sama persis kayak masakan yang dijual Ibu RT, bedanya yang ini belum mateng aja, hiks...hiks...hiks...

Dimana2 ikan, heran juga, orang Makassar ini deket ma laut, kaya ma ikan, tapi koq ndak bosen2 makan ikan ???

Yo wess, beli seadanya. Masak ikan deh di kost, ternyata rasanya gak beda jauh ma di tempat Ibu RT ( maaf deh Bu, sempet ngeraguin ke-koki-an Ibu :-)

Semenjak saat itu, gw mulai belajar untuk makan masakan sana seadanya. Apalagi saat kuliah udah mulai, gak ada waktu untuk masak di kost. Makan pagi cuman makan mie, siang beli di deket kampus ( you tau lah, ikan lagi !!! ), malem ( lagi2.. ) nongkrong di warung kecil Pak RT... Tapi lama2 gwe seneng ma masakan situ. Hampir tiap kali Ibu masak Sup Kepala Ikan, gw yang pertama nunggu Ikan itu mateng. Beneran lo ! Soalnya tiap kali Ibu belanja ikan dan membersihkannya, gw lewat depan rumah beliau. Jadi gw tau Ibu hari itu masak apa, hehehe... Kalo gw udah tau bakalan ada Sup Kepala Ikan, saya udah bilang duluan supaya dikasih sisa, jangan dijual semua :-)

Sup ini sebenarnya baunya aja amis, apalagi setelah makan. Tangan musti dicuci berulang kali ma sabun baru baunya ilang... Tapi gw malah suka banget ( Hayo, Ibu ngaku aja... Dikasih pelet apa sampe saya tergila-gila ma Sup-nya sampeyan :-)

Dan kegemaran saya gak berakhir ditangan Ibu RT.... Masih ada Ikan bakar ( tanpa bumbu ) deket tempat kuliah, Sop Konro, Pallu Bassa, Coto Makassar deket Alfamart ( MTC Karebosi ), sampe jajanan ringan kayak Jalangkote, Pisang Ijo, dan Pisang Epe...

Gw udah terlanjur seneng masakan Makassar. Bahkan sampai gw udah balik lagi ke Banjarmasin, tak jarang gw berburu Coto Makassar sampe kota Banjarbaru ( hanya karena yang jual asli Makassar dan bumbunya juga berasa banget... )

Kapan yah bisa makan ditempat asalnya ???


bersambung...