Rabu, 11 Maret 2015

Ajari aku cara mencintaimu ? Please, deh...





Kadang-kadang lirik lagu jaman sekarang bikin keki. Dan seperti itu pula ketika gw denger lagu dari radio beberapa hari lalu. Musiknya udah mendayu-dayu, ngalahin suara musik latar di acara dangdut TV swasta saat Saipul Jambul ngerayu Rina Nosehhh... Liriknya gw lupa persis kaya gimana, kurang lebih gini : “Ajari aku cara mencintaimu...

Tau gak anehnya dimana ? Ya liriknya, dan artinya. Sebagai cowok, gw sama sekali anti sama kata-kata itu. Cowok, minta ajarin cara mencintai perempuan ? Oke, gw gak tau maksudnya itu emang perempuan ato bukan, itu hak dia. Tapi untuk mencintai seseorang aja masa perlu minta ajari dari dia ? Heyy, dimana malumu kawan ?

Tau kah kamu, bahwa cinta itu misterius ? Dan semua hal yang berhubungan dengannya itu selalu memerlukan perjuangan dan pengorbanan, bahkan untuk mengetahui hal yang sebenarnya sangat umum dan biasa.

Hhhmmm, bahasa gw terlalu berat ? 

Gampangnya gini. Pengecut kalo kamu nanya ama cewek apa kesukaannya. Kamu pelajarilah sendiri apa kebiasaannya, apa kesenangannya tanpa kamu tanyakan ma dia. Kalo salah, itu lebih bagus, karena kesalahan adalah pembelajaran.

Aneh rasanya saat nanya cewek mau diperlakukan seperti apa. Bukan apa-apa, karena sebenarnya semua itu akan berjalan sebagaimana biasa, seiring waktu. Disitulah letak seni. Seni untuk bisa mendekati cewek, dan memanjakannya tanpa harus menjadi seorang pecundang yang nanya ini itu tentang apa hal yang bikin dia cinta ke kamu.

Ato kamu penasaran apa hal yang bikin dia bahagia ? Kamu nekat nanya ke dia ? Dude, cewek dimanapun selalu menyukai kejutan, walaupun itu kecil... Tunggu, kejutan ini bukan berarti bikin dia kumat sakit jantungnya, cuma sebagai persembahan kecil dari kamu yang gak pernah dia sadari sebelumnya. Masih bingung kejutan apa yang pas buat dia ? Itulah fungsinya akal untuk berpikir, dan hati untuk merasakan. Seiring perjalananmu sama-sama dengan dia, perhatikan apa yang paling dia suka, apa yang dia inginkan. Memang selalu perlu modal dan usaha, namun hasilnya selalu sepadan.

Balik lagi ke lirik lagu tadi. Gak ada sebenarnya pelajaran cinta. Cinta tumbuh pun tanpa kita sadari. Bahkan kapan ia ada, kita juga gak tau. Ia datang sendiri, mengendap, bahkan bisa bikin kamu bingung kenapa ia ada. 

Intinya, jangan jadi cowok cemen, yang bahkan untuk mencintai seseorang aja minta diajarin. Pelajarilah sendiri tentang siapa yang kamu cintai. Dan pelajarilah sendiri tentang apa yang kamu miliki.