Rabu, 14 September 2011

Kemaren dan besoK

Banyak yang bilang : "Lupakan masa lalu", ato gini : "Masa lalu bukan untuk dikenang, bukan untuk diratapi"

Dulu sangat setuju dengan kedua pernyataan itu. Simpel, tapi kalo dipikirin bisa buat motivasi untuk lebih maju. Gak tau kenapa, tadi dijalan malah mikir sebaliknya. Masa lalu adalah penentu keadaan kita sekarang.

Bilang aja gw gila, tapi coba pikir, siapa diri kita 5 tahun lalu, 10 tahun lalu ? 6 tahun lalu gw masih mahasiswa yang belajar mati2an dengan duit kiriman perbulan dari orangtua untuk biaya hidup. Getir memang, dan sebagian orang berusaha melupakannya, dan berkata : "Ahhh, itu mah masa lalu.."

Tapi apa jadinya gw sekarang kalo 6 tahun lalu gw putus asa dan berhenti belajar ditengah jalan? Gak ada yang tau. Karena itu, penentuan kehidupan selanjutnya sesungguhnya ditentukan oleh pribadi kita sekarang ini.

Masa lalu emang banyak pahitnya, banyak dukanya, banyak deritanya. Tapi apa itu lantas dilupakan ? Gak mungkin. Motivasi malah muncul karena adanya keinginan untuk merubah sesuatu, untuk maju, untuk berkembang...

Apa dasar gw mengatakan bahwa masa lalu adalah penentu ???

Pertama, masa lalu yang buruk adalah suatu kemunduran. Dititik ini, akal sehat manusia pasti berada pada tuingkat terendah, namun memiliki keinginan untuk bisa naik, walaupun sedikit. Jadikan masa lalu yang buruk itu sebagai landasan untuk bisa menjadi lebih tinggi !


Kedua, masa lalu adalah sebuah pembelajaran. Masa lalu adalah Guru...Kita bisa menyaring semua hal yang sudah pernah kita tahu. Lebih rugi manusia dibanding keledai apabila mengulangi kesalahan yang sama hingga berkali-kali..

Ketiga, masa lalu yang indah adalah suatu hadiah. Coba ingat-ingat, setiap hal yang indah yang terjadi pada diri kita adalah karena sesuatu. Ada hukum sebab akibat disini. Kita bisa senang karena melakukan sesuatu yang benar. Lakukan hal itu lagi kalo itu bisa menyenangkanmu :-)
Masa lalu bisa menjadi pengulangan yang bagus

Keempat, jangan pernah berpikir masa sekarang datang sendiri. Seperti kata2 gw sebelumnya, suatu hal paling kecil sekalipun bisa mengubah semua hal di depan kita ( kecuali umur, jodoh, langkah. Tuhan yang atur itu semua :-).
Jangan pernah meremehkan hal yang kecil, sedikit, secuil.Karena dalam setiap titik hal yang kita lakukan, ber-efek yang besar pada esok hari

Kelima, masa lalu adalah bekal dimasa kini. Hmmmmm, jangan mikir jauh2. Apapun berbuatan kita dimasa lalu, akan menuai akibatnya dimasa sekarang. jadi berbuatlah yang terbaik mulai sekarang...

Jangan pernah merasa kecil karena kita kekurangan. Berperilakulah yang baik, akan menjadikanmu orang besar pada esok hari :-)


dan akhirnya gw jadi ginian, hahahaha...





( true story, dari lamunan di mobil saat nunggu ujan berenti.. )