Kamis, 28 Oktober 2010

Mana yang duluan, sih ???



Jadi inget, pas SMU dulu pernah bener2 bete ma satu Guru . Guru yang rada aneh itu ( yang ini beneran gak boong, temen2 satu sekolahan juga tau beliau menghadap ke Barat Daya saat rata2 orang mengarah ke Selatan ) mengajukan satu pertanyaan umum : "Kapan pertama kali Bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa resmi bangsa?".
Gak ada yang berani jawab waktu itu.
Gw yakin temen2 akan rebutan menjawab andai saja diberi pertanyaan : Siapa yang mau melempar kamus ke kepala Saya, Silakan !!!.

Alhasil, setelah 4 menit kelas pada senyap, dengan kebegoan dan rasa malu yang bener2 ilang, gw angkat tangan. Gw ngejawab : Saat Sumpah Pemuda, Tahun 1928.

Apa jawaban Bapak tercinta ??? : "*****, kamu !!! Bahasa Indonesia itu dimulai pada tahun 1945, ada saat tercantum di UUD 1945 !!!"

Lah, langsung dan gw duduk sambil garuk2 pantat. Duluan mana sih 1928 ma 1945 ??? Pengakuan itu ada 2 macam ( umumnya berkaitan dengan Kemerdekaan ), de Jure, ma de Facto. Meskipun tidak ditulis sebagai UU, namun pengakuan seluruh anak bangsa pada 1928 adalah saat pertama kali dideklarasikannya Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pemersatu Bangsa. Mungkin Bapaknya perlu mengkoreksi pertanyaan beliau... Sumpah, sampe sekarang gw gak rela disalahin atas jawaban yang gw yakin bener itu. Gw yakin kok, gak peduli ma orang lain yg anggap gw salah...

28 Oktober 1928
, Hari Sumpah Pemuda...dari kecil juga udah tau,hari dimana pemuda2 Indonesia berkumpul dalam Kongres Pemuda II yang menghasilkan satu kesimpulan, satu sumpah, Satu tanah Air, Satu Bangsa, Satu Bahasa Indonesia.

Gwe gak terlalu suka sejarah, dan gak begitu tau sejarah dikarenakan saat itu gw belum lahir ( Halah ).

Yang jelas, kata Guru Sejarah jaman SMU dulu,Sumpah Pemuda menjadi tonggak persatuan. Gak ada lagi pengelompokkan atas kesukuan, bahasa, ataupun agama.

Whatever lah... ( Ya Sudahlah, kata Bondan feat Fade 2 Black - Yo Wess lah, kata pa Bondan Winarno), di hari yang bersejarah ini, marilah kita para Pemuda agar lebih merapatkan barisan untuk memperkuat persatuan kita, lebih mengedepankan negara ketimbang urusan sendiri, partai, kelompok, golongan, atau geng. Negara ini gak berdiri sendiri. Negara ini perlu orang2 yang kuat,pemuda dan pemudi. Kita !!!



Culun banget gw dulu :-{




PS : hari ini gw merasa muda lagi, wkwkwkwkwk