Selasa, 01 Juli 2014

TV LG jadul gw :-(



Sebelumnya, gw gak sebete gini, dan gak ada niat ngomong hal ini kemuka umum, tapi kalo didiemin, sapa tau gak ada perubahan yang baik, dan gak ada pelajaran yang bisa diambil oleh merk ini.

Gini ceritanya, beberapa hari sebelumnya, TV LG 29 inch jadul gw tiba2 rusak. Diawali dengan mengecilnya gambar di layar, dan tiba2 hilang sama sekali. Setelah mikir2, kita memutuskan untuk memasukkan TV ini ke LG Center Gatot Subroto Banjarmasin pada hari Jumat, tanggal 30 Mei 2014. Oleh petugasnya, kami disuruh menunggu karena akan dilakukan pengecekan kerusakan. Selang setengah jam, gw nyoba nanya ma petugasnya, disana dikatakan kalau kami disuruh menunggu aja selama 1 jam, karena kerusakan sudah diketahui dan tinggal dikerjakan. Herannya, setelah satu jam menunggu, petugasnya bilang lagi kalo ternyata kerusakannya tambah parah, dan kami disarankan meninggalkan TV disana, dan memberikan slip ( sudah gw balikin saat mengambil TV kemaren ). Gw diminta data2, termasuk nomor telepon . Gw sih berharap TV dikerjakan secepatnya, dan mengeluarkan biaya yang murah2 aja :-)

Sampai seminggu, gak ada kabar apapun dari pihak LG. Hari ke delapan, gw memutuskan berinisiatif untuk menelpon kesana, dengan harapan TV udah selesai, cuman karena LG Center aja yang lupa memberitahu kita. Dan jawaban yang gw terima, TV belum selesai, bahkan dikatakan masalahnya tambah kompleks.

Selang 2 minggu, masih belum ada kabar. Gw bete, dan memutuskan untuk mengirim email ke LG Pusat, yang isinya seperti ini :



Akhir Mei, saya memasukkan TV LG saya ke service center LG di Gatot Subroto, Banjarmasin. Saat itu kami disuruh menunggu untuk perbaikan, setelah satu jam lamanya, ternyata TV belum bisa diperbaiki, kami disuruh untuk pulang dan meninggalkan TV disana karena dikatakan perlu perbaikan yang lebih. Tentu saja diberi struk, dan diminta nomor telepon, dengan janji akan dihubungi apabila TV telah selesai diperbaiki, atau ternyata perlu perbaikan tambahan.

8 hari berselang, tidak ada kabar sama sekali. Saya berinisiatif untuk menelepon ke service centernya. Dalam pembicaraan di telepon, saya diberitahu bahwa TV ( 8 hari !! ) belum selesai diperbaiki. Dijanjikan lagi, saya akan dihubungi apabila TV telah selesai diperbaiki.

Sampai sekarang, sudah lebih setengah bulan, saya behkan belum mendengar kabar apapun tentang sejauh mana penanganan TV butut saya.

Saya terus terang kecewa dengan pelayanannya. Bukan hanya karena lamanya perbaikan TV itu, tapi tidak adanya komunikasi sama sekali kepada kami tentang sejauh mana TV itu diperbaiki, tidak ada pemberitahuan kerusakannya apa, saya perlu mengganti suku cadang apa, apalagi ke masalah biaya, sangat jauh dari itu.

Mungkinkah karena TV yang saya masukkan kesana adalaha TV butut? TV yang saya beli 6 tahun lalu, makanya penanganannya juga lama, berbeda dengan TV baru ?

Mohon penjelasannyan segera. Dan untuk diketahui, saat ini media sangat berpengaruh terhadap semua hal. Mudah2an hal ini tidak sampai terangkat ke media, entah itu sosial media, atau cuma melalui media massa tentang keluhan pelanggan. Salam


Jawaban yang gw dapet sebagai berikut :

RE: Konfirmasi Perihal Status perbaikan TV LG di SVC Banjarmasin [CM3025922] 

Salam LG untukAnda
Yang terhormat Bapak Fuad,

Terima kasih telah menghubungi layanan email LGuntukAnda. Saya Vallan,
customer care officer yang akan membantu memberikan penjelasan kepada Bapak.

Menanggapi email yang telah Bapak kirimkan Perihal Status perbaikan TV LG di
SVC Banjarmasin, Berikut kami informasikan :

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, Untuk laporan Bapak Fuad akan segera
kami sampaikan ke bagian service center LG di banjarmasin, untuk selanjutnya
Bapak Fuad akan di confirmasi langsung oleh pihak service center terkait
untuk solusinya

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, apabila masih ada hal lain
yang ingin ditanyakan, silahkan Bapak Fuad, dapat menghubungi kami kembali
melalui email ini atau melalui hotline kami di 14010.

Terimakasih atas kepercayaan Bapak telah menggunakan produk LG. Semoga dapat
memudahkan Bapak dalam beraktivitas.

Salam hangat,
 

Customer care officer
PT. LG Electronics IndonesiaHotline number 14010
NB. Mohon mengisi skor survey kepuasan pelanggan di bawah e-mail balasan
ini. Terima kasih



Lalu apakah setelahnya gw mendapatkan kepastian TV gw bisa selesai ? Ternyata tidak... Gw tinggalin liburan, sampe balik kesini lagi, masih belum ada tanggapan apa2... Akhirnya, kejengkelan gw tambah lagi, dan gw ngirim email lagi ke LG Pusat pada tanggal 25 Juni 2014 :

Meneruskan email saya sebelumnya.sampai sekarang sudah hampir satu
bulan,belum ada kabar apapun dari LG Banjarmasin seputar perbaikan tv
saya.Mohon maaf apabila saya juga menuliskan keluhan saya di media
elektronik/massa,social media,dsb.terimakasih


Dan tau gak, setelah email kedua, besoknya langsung ada telepon dari LG Service Center Gatot Subroto Banjarmasin, intinya : TV gw kerusakannya parah, dan harus mengganti mesinnya secara keseluruhan. Dikatakan, harganya aja 800 ribuan, dan gw gak tau biaya apalagi setelahnya. Gw menyerah, dan lebih memilih mengambil TV-nya langsung, walau dalam keadaan rusak.




Ada beberapa poin yang bikin gw kesel setengah tewas :
1.      Pas pertama masuk, entah kenapa kita disuruh menunggu, harusnya petugas perbaikan disana bisa memperkirakan betul2 kerusakannya separah apa, agar waktu kita tidak terbuang percuma.
2.      Gw di data, dan diminta meninggalkan nomor telepon serta alamat. Tapi herannya, gak ada kabar sama sekali seputar perkembangan perbaikan TV gw. Gw sangat menghargai perhatian yang diberikan kepada kita sebagai costumer. Walaupun dikabarin bahwa TV gw masih lama perbaikannya, gw bisa nerima,karena gw bisa tau sejauh mana penanganannya.
3.      Apakah gw yang terlalu perasa, tapi gw mikir, andai saja gw gak ngirim email ke LG Pusat sampe 2 kali, apakah ada inisiatif dari LG Service Center Gatot Subroto untuk menghubungi gw ? Gw malah berpikiran, karena gw email Pusat, lalu LG yang disini panik, lalu tiba2 menghubungi kita ( setelah pada email kedua, gw ngancam bikin postingan keluhan ke media massa/social media ). Kayaknya tanpa email, mungkin sampe sekarang gw gak tau kabar TV gw sendiri.
4.      Dan yang bikin bini marah2 kemaren, pihak LG Service Center Gatot Subroto mengatakan kerusakan TV gw terlampau parah. Pertanyaannya, begitu susahkah menghubungi kita untuk diberitahu kerusakannya apa, penanganannya bagaimana, perlu ongkos berapa ?
Kemudian pihak LG Service Center Gatot Subroto mengatakan lagi, mekanik disana sudah berusaha memperbaiki semaksimal mungkin, makanya memerlukan waktu lama. Hahhh ? Helllloooooooowww ??? Hampir sebulan ini Boss, apa mekaniknya selama hampir sebulan itu memelototi TV jadul gw, ngutak ngatik, ngelas sana sini, dan pol-polan berusaha memperbaikinya ???
Mekanik pasti tahu kerusakannya sejak awal, makanya dia diterima bekerja disana. Masa selama itu masih gak tau apa yang rusak, dan tiba2 setelah gw kirim 2 email, kerusakannya langsung ketahuan, dan bisa menelpon gw, ngasih tau kerusakannya parah dan harus ganti mesin ???

Banyak lagi keluhan gw, jengkel, dan bener2 kapok berurusan dengan pelayanan macam gitu. Gw juga kerja di pelayanan, dan hal-hal seperti ini bener2 gak baik, dan harusnya bisa dihilangkan, demi memuaskan costumer.

Dan diakhir “ceramah”nya, bini balik badan sambil berkata “Kami gak mau lagi beli produk LG kalo ternyata pelayanan yang kita dapatkan seperti ini”

Mantap, ini baru bini gw :-)







- semoga ini menjadi pelajaran bagi teman2, dan costumer yang mendpatkan perlakuan sama seperti gw -







Update per 03/07/2014

Ceritanya, TV jadul itu gw ambil ke LG, dan kita memutuskan untuk gak ngapa2in TV itu. Tapi oleh mertua gw, disuruh bawa ke rumah beliau, karena disana ada tukang service alat elektronik yang jago. Siapa tau bisa ditemukan masalahnya, dan bisa lebih cepet selesai..

Yaaa, nothing to lose lah ya, gw bawain TV itu pas hari Senin-nya (30/07/2014) ke rumah mertua di Martapura. Oleh mertua, TV itu dibawa ke tukang service langganan beliau pada hari Rabu (02/07/2014). Eh, pas diperiksa oleh tukang service-nya, ternyata beberapa part di TV itu udah gak ada, dan yang lebih penting lagi, IC-nya yang hilang !!!

Ya, mertua gw bingung dong, kenapa bisa gitu. Akhirnya gw ditelepon, gw juga gak tau, gw gak megang tuh benda, dan gw juga gak ngecek ke-komplitan isi TV gw saat gw ambil, maklum, saat itu kesel, jengkel, dan bete jadi satu, jadi gak sempet ngecek2 lagi...

Akhirnya mertua langsung datengin LG Service Center Gatot Subroto, Banjarmasin. Bayangkan, menempuh jarak 80km bolak balik, pas puasa2, panas, cuman karena pengen tau benda di TV gw itu kemana ???

Sesampainya disana, mertua gw langsung nyamperin mekanik LG disitu, nanyain tentang IC yang gak ada sambil bawain TV jadul gw lagi. Mekanik-nya mulanya gak ngakuin, tapi oleh mertua, mekaniknya dihubungkan via telepon dengan tukang service langganan beliau. Setelah telpon2an, akhirnya mekanik agak jiper, dan pergi ke belakang, sambil bawain IC yang katanya itu berasal dari TV jadul gw. 

Gak habis sampai disana, mertua gw juga menanyakan perihal begitu lamanya, dan kenapa perbaikan TV gw gak selesai2 sebelumnya. Alasan yang sama dikemukakan oleh para karyawan LG Center sana. Mertua gw lalu nanya, kerusakannya apa ? Kata mekaniknya, kerusakannya disini ( entah mesinnya ato apa ), dan perlu biaya Rp. 817.000,-. Mertua gw lemudian nyuruh mekaniknya ngambil spare part yang dimaksud, dan mekaniknya disuruh masang. Mekanik lalu mengerjakan. TV bisa nyala.. Hebat ???

Gak !

Gak sampe 5 menit, TV lalu tiba2 mati. Di cek lagi oleh mekanik, dia bilang lagi, tabung TV jadul gw kena, jadi TV dinyatakan rusak, kecuali ganti tabung. Mertua gw nanya lagi, berapa harga tabungnya kalo ganti baru ? Dijawab, harganya mahal... Ya mertua gw sensi dong dikira gak mampu beli apa ? Akhirnya dibilang tabungnya seharga 2 juta.

Bukan masalah sangggup bayar ato gak, gw sanggup, bahkan kalo mau, gw bisa beli TV yang lebih mahal dan lebih bagus saat ini juga. Permasalahannya, kenapa TV gw yang semula gw percayakan di LG Service Center Gatot Subroto, malah menjadi tambah parah dan tanpa kepastian ?

Mekanik harusnya tau sejak awal kerusakannya mana saja, dan bisa memperkirakan part apa saja yang diganti, berapa biayanya, dan berapa lama waktu pengerjaannya... Yang terjadi malah mekanik sendiri gak tau apa yang rusak, buktinya biar mesin yang dimaksud udah diganti, TV masih rusak. Sebenernya, mekaniknya bisa apa gak sih memperbaiki ?

Sekarang gw hitung kerugian gw, seandainya gw nurutin mekanik yang sok jago itu. Andaikan gw kemaren beli mesin seharga 817ribu, TV bisa nyala 5 menit. Lalu rusak lagi, ganti tabung seharga 2 juta, karena mau gak mau harus diganti ( udah terlanjur, setelah beli mesin, rugi kalo TV malah gak nyala2 ). Totalnya jadi Rp.2.817.000.
Dengan angka segitu, ditambah beberapa ratus ribu, gw bisa dapatkan TV model yang lebih bagus. Kira2 pihak LG Center mikir sampe kesana gak ya ?

Intinya, gw gak nyalahin mahalnya biaya, karena gw maklum TV gw udah jelek, jadul, sparepart-nya langka. Yang gw permasalahkan adalah kurangnya perhatian, care dari LG Service Center. Dari pertama masuk aja, mekaniknya gak tau yang rusak apa. Selama 4 minggu gw gak dihubung2in seputar perkembangan TV gw. Kemudian, mekanik salah perkiraan, yang semula disimpulkan kerusakannya ini, ternyata merembet ke permasalahan lain, yang harus memaksa kita merogoh kocek lebih dalam. Terakhir, gw gak suka kalo barang2 dalam TV gw, walaupun itu rusak, diambil oleh mereka. Gak ada yang berhak ngambil apapun. Kalo disini, tukang tambal ban pun akan mengembalikan ban dalam yang bocor saat kita ganti ban dalam yang baru. Mudahan jadi perhatian...


Kata Cak Lontong : Mikiiiiirrrrr !!




Salam