Sebelumnya, gw gak sebete gini, dan gak ada niat ngomong hal ini kemuka umum, tapi kalo didiemin, sapa tau gak ada perubahan yang baik, dan gak ada pelajaran yang bisa diambil oleh merk ini.
Gini ceritanya, beberapa hari sebelumnya, TV LG 29 inch jadul gw tiba2 rusak. Diawali dengan mengecilnya gambar di layar, dan tiba2 hilang sama sekali. Setelah mikir2, kita memutuskan untuk memasukkan TV ini ke LG Center Gatot Subroto Banjarmasin pada hari Jumat, tanggal 30 Mei 2014. Oleh petugasnya, kami disuruh menunggu karena akan dilakukan pengecekan kerusakan. Selang setengah jam, gw nyoba nanya ma petugasnya, disana dikatakan kalau kami disuruh menunggu aja selama 1 jam, karena kerusakan sudah diketahui dan tinggal dikerjakan. Herannya, setelah satu jam menunggu, petugasnya bilang lagi kalo ternyata kerusakannya tambah parah, dan kami disarankan meninggalkan TV disana, dan memberikan slip ( sudah gw balikin saat mengambil TV kemaren ). Gw diminta data2, termasuk nomor telepon . Gw sih berharap TV dikerjakan secepatnya, dan mengeluarkan biaya yang murah2 aja :-)
Sampai seminggu, gak ada kabar apapun dari pihak LG. Hari ke delapan, gw memutuskan berinisiatif untuk menelpon kesana, dengan harapan TV udah selesai, cuman karena LG Center aja yang lupa memberitahu kita. Dan jawaban yang gw terima, TV belum selesai, bahkan dikatakan masalahnya tambah kompleks.
Selang 2 minggu, masih belum ada kabar. Gw bete, dan memutuskan untuk mengirim email ke LG Pusat, yang isinya seperti ini :
Akhir Mei, saya memasukkan TV LG saya
ke service center LG di Gatot Subroto, Banjarmasin. Saat itu kami disuruh
menunggu untuk perbaikan, setelah satu jam lamanya, ternyata TV belum bisa
diperbaiki, kami disuruh untuk pulang dan meninggalkan TV disana karena
dikatakan perlu perbaikan yang lebih. Tentu saja diberi struk, dan diminta
nomor telepon, dengan janji akan dihubungi apabila TV telah selesai diperbaiki,
atau ternyata perlu perbaikan tambahan.
8 hari berselang, tidak ada kabar sama
sekali. Saya berinisiatif untuk menelepon ke service centernya. Dalam
pembicaraan di telepon, saya diberitahu bahwa TV ( 8 hari !! ) belum selesai
diperbaiki. Dijanjikan lagi, saya akan dihubungi apabila TV telah selesai
diperbaiki.
Sampai sekarang, sudah lebih setengah
bulan, saya behkan belum mendengar kabar apapun tentang sejauh mana penanganan
TV butut saya.
Saya terus terang kecewa dengan
pelayanannya. Bukan hanya karena lamanya perbaikan TV itu, tapi tidak adanya
komunikasi sama sekali kepada kami tentang sejauh mana TV itu diperbaiki, tidak
ada pemberitahuan kerusakannya apa, saya perlu mengganti suku cadang apa,
apalagi ke masalah biaya, sangat jauh dari itu.
Mungkinkah karena TV yang saya masukkan
kesana adalaha TV butut? TV yang saya beli 6 tahun lalu, makanya penanganannya
juga lama, berbeda dengan TV baru ?
Mohon penjelasannyan segera. Dan untuk
diketahui, saat ini media sangat berpengaruh terhadap semua hal. Mudah2an hal
ini tidak sampai terangkat ke media, entah itu sosial media, atau cuma melalui
media massa tentang keluhan pelanggan. Salam
Jawaban yang gw dapet sebagai berikut :
RE: Konfirmasi Perihal Status perbaikan TV LG di SVC Banjarmasin [CM3025922]
Salam LG untukAnda
Yang terhormat Bapak Fuad,
Terima kasih telah menghubungi layanan email LGuntukAnda. Saya Vallan,
customer care officer yang akan membantu memberikan penjelasan kepada Bapak.
Menanggapi email yang telah Bapak kirimkan Perihal Status perbaikan TV LG di
SVC Banjarmasin, Berikut kami informasikan :
Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, Untuk laporan Bapak Fuad akan segera
kami sampaikan ke bagian service center LG di banjarmasin, untuk selanjutnya
Bapak Fuad akan di confirmasi langsung oleh pihak service center terkait
untuk solusinya
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, apabila masih ada hal lain
yang ingin ditanyakan, silahkan Bapak Fuad, dapat menghubungi kami kembali
melalui email ini atau melalui hotline kami di 14010.
Terimakasih atas kepercayaan Bapak telah menggunakan produk LG. Semoga dapat
memudahkan Bapak dalam beraktivitas.
Salam hangat,
Customer care officer
PT. LG Electronics IndonesiaHotline number 14010
NB. Mohon mengisi skor survey kepuasan pelanggan di bawah e-mail balasan
ini. Terima kasih
Lalu apakah setelahnya gw mendapatkan kepastian TV gw bisa selesai ? Ternyata tidak... Gw tinggalin liburan, sampe balik kesini lagi, masih belum ada tanggapan apa2... Akhirnya, kejengkelan gw tambah lagi, dan gw ngirim email lagi ke LG Pusat pada tanggal 25 Juni 2014 :
Meneruskan email saya sebelumnya.sampai sekarang sudah hampir satu
bulan,belum ada kabar apapun dari LG Banjarmasin seputar perbaikan tv
saya.Mohon maaf apabila saya juga menuliskan keluhan saya di media
elektronik/massa,social media,dsb.terimakasih
Dan tau gak, setelah email kedua, besoknya langsung ada telepon dari LG Service Center Gatot Subroto Banjarmasin, intinya : TV gw kerusakannya parah, dan harus mengganti mesinnya secara keseluruhan. Dikatakan, harganya aja 800 ribuan, dan gw gak tau biaya apalagi setelahnya. Gw menyerah, dan lebih memilih mengambil TV-nya langsung, walau dalam keadaan rusak.
Ada beberapa poin yang bikin gw
kesel setengah tewas :
1.
Pas pertama masuk, entah kenapa kita
disuruh menunggu, harusnya petugas perbaikan disana bisa memperkirakan betul2
kerusakannya separah apa, agar waktu kita tidak terbuang percuma.
2.
Gw di data, dan diminta meninggalkan
nomor telepon serta alamat. Tapi herannya, gak ada kabar sama sekali seputar
perkembangan perbaikan TV gw. Gw sangat menghargai perhatian yang diberikan
kepada kita sebagai costumer. Walaupun dikabarin bahwa TV gw masih lama
perbaikannya, gw bisa nerima,karena gw bisa tau sejauh mana penanganannya.
3.
Apakah gw yang terlalu perasa, tapi
gw mikir, andai saja gw gak ngirim email ke LG Pusat sampe 2 kali, apakah ada
inisiatif dari LG Service Center Gatot Subroto untuk menghubungi gw ? Gw malah
berpikiran, karena gw email Pusat, lalu LG yang disini panik, lalu tiba2
menghubungi kita ( setelah pada email kedua, gw ngancam bikin postingan keluhan
ke media massa/social media ). Kayaknya tanpa email, mungkin sampe sekarang gw
gak tau kabar TV gw sendiri.
4.
Dan yang bikin bini marah2 kemaren, pihak
LG Service Center Gatot Subroto mengatakan kerusakan TV gw terlampau parah.
Pertanyaannya, begitu susahkah menghubungi kita untuk diberitahu kerusakannya
apa, penanganannya bagaimana, perlu ongkos berapa ?
Kemudian
pihak LG Service Center Gatot Subroto mengatakan lagi, mekanik disana sudah berusaha
memperbaiki semaksimal mungkin, makanya memerlukan waktu lama. Hahhh ?
Helllloooooooowww ??? Hampir sebulan ini Boss, apa mekaniknya selama hampir
sebulan itu memelototi TV jadul gw, ngutak ngatik, ngelas sana sini, dan
pol-polan berusaha memperbaikinya ???
Mekanik
pasti tahu kerusakannya sejak awal, makanya dia diterima bekerja disana. Masa
selama itu masih gak tau apa yang rusak, dan tiba2 setelah gw kirim 2 email,
kerusakannya langsung ketahuan, dan bisa menelpon gw, ngasih tau kerusakannya
parah dan harus ganti mesin ???
Banyak
lagi keluhan gw, jengkel, dan bener2 kapok berurusan dengan pelayanan macam
gitu. Gw juga kerja di pelayanan, dan hal-hal seperti ini bener2 gak baik, dan
harusnya bisa dihilangkan, demi memuaskan costumer.
Dan
diakhir “ceramah”nya, bini balik badan sambil berkata “Kami gak mau lagi beli
produk LG kalo ternyata pelayanan yang kita dapatkan seperti ini”
Mantap,
ini baru bini gw :-)
- semoga ini menjadi pelajaran bagi teman2, dan costumer yang mendpatkan perlakuan sama seperti gw -
Update per 03/07/2014
Ceritanya, TV jadul itu gw ambil ke LG, dan kita memutuskan
untuk gak ngapa2in TV itu. Tapi oleh mertua gw, disuruh bawa ke rumah beliau,
karena disana ada tukang service alat elektronik yang jago. Siapa tau bisa
ditemukan masalahnya, dan bisa lebih cepet selesai..
Yaaa, nothing to lose lah ya, gw bawain TV itu pas hari Senin-nya
(30/07/2014) ke rumah mertua di Martapura. Oleh mertua, TV itu dibawa ke tukang
service langganan beliau pada hari Rabu (02/07/2014). Eh, pas diperiksa oleh
tukang service-nya, ternyata beberapa part di TV itu udah gak ada, dan yang
lebih penting lagi, IC-nya yang hilang !!!
Ya, mertua gw bingung dong, kenapa bisa gitu. Akhirnya gw
ditelepon, gw juga gak tau, gw gak megang tuh benda, dan gw juga gak ngecek
ke-komplitan isi TV gw saat gw ambil, maklum, saat itu kesel, jengkel, dan bete
jadi satu, jadi gak sempet ngecek2 lagi...
Akhirnya mertua langsung datengin LG Service Center Gatot
Subroto, Banjarmasin. Bayangkan, menempuh jarak 80km bolak balik, pas puasa2,
panas, cuman karena pengen tau benda di TV gw itu kemana ???
Sesampainya disana, mertua gw langsung nyamperin mekanik LG
disitu, nanyain tentang IC yang gak ada sambil bawain TV jadul gw lagi.
Mekanik-nya mulanya gak ngakuin, tapi oleh mertua, mekaniknya dihubungkan via
telepon dengan tukang service langganan beliau. Setelah telpon2an, akhirnya
mekanik agak jiper, dan pergi ke belakang, sambil bawain IC yang katanya itu
berasal dari TV jadul gw.
Gak habis sampai disana, mertua gw juga menanyakan perihal
begitu lamanya, dan kenapa perbaikan TV gw gak selesai2 sebelumnya. Alasan yang
sama dikemukakan oleh para karyawan LG Center sana. Mertua gw lalu nanya,
kerusakannya apa ? Kata mekaniknya, kerusakannya disini ( entah mesinnya ato
apa ), dan perlu biaya Rp. 817.000,-. Mertua gw lemudian nyuruh mekaniknya
ngambil spare part yang dimaksud, dan mekaniknya disuruh masang. Mekanik lalu
mengerjakan. TV bisa nyala.. Hebat ???
Gak !
Gak sampe 5 menit, TV lalu tiba2 mati. Di cek lagi oleh
mekanik, dia bilang lagi, tabung TV jadul gw kena, jadi TV dinyatakan rusak,
kecuali ganti tabung. Mertua gw nanya lagi, berapa harga tabungnya kalo ganti
baru ? Dijawab, harganya mahal... Ya mertua gw sensi dong dikira gak mampu
beli apa ? Akhirnya dibilang tabungnya seharga 2 juta.
Bukan masalah sangggup bayar ato gak, gw sanggup, bahkan kalo
mau, gw bisa beli TV yang lebih mahal dan lebih bagus saat ini juga.
Permasalahannya, kenapa TV gw yang semula gw percayakan di LG Service Center
Gatot Subroto, malah menjadi tambah parah dan tanpa kepastian ?
Mekanik harusnya tau sejak awal kerusakannya mana saja, dan
bisa memperkirakan part apa saja yang diganti, berapa biayanya, dan berapa lama
waktu pengerjaannya... Yang terjadi malah mekanik sendiri gak tau apa yang
rusak, buktinya biar mesin yang dimaksud udah diganti, TV masih rusak.
Sebenernya, mekaniknya bisa apa gak sih memperbaiki ?
Sekarang gw hitung kerugian gw, seandainya gw nurutin
mekanik yang sok jago itu. Andaikan gw kemaren beli mesin seharga 817ribu, TV
bisa nyala 5 menit. Lalu rusak lagi, ganti tabung seharga 2 juta, karena mau
gak mau harus diganti ( udah terlanjur, setelah beli mesin, rugi kalo TV malah
gak nyala2 ). Totalnya jadi Rp.2.817.000.
Dengan angka segitu, ditambah beberapa ratus ribu, gw bisa
dapatkan TV model yang lebih bagus. Kira2 pihak LG Center mikir sampe kesana
gak ya ?
Intinya, gw gak nyalahin mahalnya biaya, karena gw maklum TV
gw udah jelek, jadul, sparepart-nya langka. Yang gw permasalahkan adalah
kurangnya perhatian, care dari LG Service Center. Dari pertama masuk aja,
mekaniknya gak tau yang rusak apa. Selama 4 minggu gw gak dihubung2in seputar
perkembangan TV gw. Kemudian, mekanik salah perkiraan, yang semula disimpulkan
kerusakannya ini, ternyata merembet ke permasalahan lain, yang harus memaksa
kita merogoh kocek lebih dalam. Terakhir, gw gak suka kalo barang2 dalam TV gw,
walaupun itu rusak, diambil oleh mereka. Gak ada yang berhak ngambil apapun.
Kalo disini, tukang tambal ban pun akan mengembalikan ban dalam yang bocor saat
kita ganti ban dalam yang baru. Mudahan jadi perhatian...
Kata Cak Lontong : Mikiiiiirrrrr !!
Salam