Kamis, 10 Juli 2014

Nostalgianya seorang Nokiafreaks




Nostalgia...

Ya, gw orang yang terlampau halus perasaannya kalo urusan kenangan, nostalgia, memorials, apapun sebutannya. Gak terbatas pada ingatan tentang masa lalu, tapi juga benda2 yang bisa bikin gw ingat jaman dulu. Nostalgia juga yang bikin gw ngumpulin benda-benda Symbian 1st bernama Nokia ( yang kata bini gw sampah mahal ) sampe sekarang.




Dan minggu lalu--entah kenapa--karena gak ada kerjaan, dirumah gw buka internet, iseng2 nyari orang yang jualan nomor2 simcard yang cantik. Wooow, harganya ternyata emang gila2an. Apalagi untuk nomor spesial, angka berderet sama, siap2 aja doku sampe ratusan juta buat nebus nomornya.
Tiba2 juga gw teringat nomor jadul gw, nomor yang masuk ke simcard house hp pertama gw yang gw beli tahun 2003. Nomornya gak cantik, tapi penuh kenangan. Emang sih, nomor jadul masih 11 digit, dan sekarang susah nyarinya, karena ini seri awal. Sekarang juga banyak yang jualan nomor dengan 10 atau 11 digit, tapi seri sekarang, bukan seri yang lama.
Nomor itu gw pertahankan sampe tahun 2006-an, dan terpaksa dipensiunkan karena banyak hal : nomor itu masih sering dihubungin ma mantan ( ahahahaha... ), nomor tersebut sering dapet sms gak jelas, dan terakhir, sinyalnya suka hilang2. Akhirnya ganti nomor, dan nomor itu entah kenapa, malah hilang, padahal biasanya gw selalu simpan di dompet.
Mengingat itu, gw coba lagi mencari2 info yang jualan nomor lama di internet. Dan gw tambah shock, nomor yang keluar tahun 2002an aja masih tinggi harganya, paling murah 1 juta !!! Iya sih pengen nostalgia dengan pake nomor lama, tapi kalo musti bayar sejeti, gw perlu mikir beberapa kali (-_-)”
Akhirnya harapan itupun pupus...




Nah, awal minggunya, gw iseng2 lagi nyari nomor telepon gw yang udah lama hilang. Ada 2 sih sebenernya, dan untungnya gw masih simpan nomor itu di catatan phonebook. Pertama nomor tahun 2003, gw coba telepon, gak ada sambungan, cuma ada peringatan bahwa nomor yang gw hubungi tidak terdaftar.
Ahahaha, asiiiikk.. Artinya nomor itu aman, gak ada orang lain yang make ( karena dari share pengalaman di internet, banyak nomor lama yang di recycling, akhirnya nomor lama hidup lagi, tapi dipakai orang lain ). Coba nomor satunya, juga sama.. Hhhmmmmm, gw punya 2 pilihan, mau menghidupkan yang mana :-)
Gw putuskan untuk menghidupkan lagi nomor tahun 2003 gw. Gw yakin nomor gw gak dipakai. Gw akhirnya masuk ke situs XL di www.xl.co.id , dan mulai mengirimkan email ke costumer servicenya. Gw nulis gini :

Selamat siang. Saya adalah pelanggan XL sejak tahun 2003, dan membeli kartu perdana XL di tahun itu dengan nomor 08195197*** ( XL Jempol yang kemudian migrasi ke XL Bebas ). Beberapa tahun lalu, nomor itu bermasalah, tiba2 hilang sinyal, dan saya putuskan mengganti nomor XL yang baru. Kemudian saat saya mencari lagi ( sampai sekarang ) sim card -nomor saya tersebut hilang. Bisakah saya mendapatkan nomor yang sama lagi ? Apabila bisa, bagaimana caranya ? Sangat besar harapan saya, nomor lama itu bisa saya dapatkan kembali. Dulu saya pernah ke XL center di Banjarmasin, dan dijawab petugasnya bahwa nomor lama punya kemungkinan di recycling. Apakah saya bisa mendapatkannya ? Terimakasih atas waktunya.

Sorenya gw dapat balasan, bahwa permintaan gw sedang diproses, dan akan dibalas kemudian. Jujur aja, gw sendiri pesimis, nyangka pasti ujung2nya nomor gw gak bisa hidup lagi.. Secara sudah mati lebih dari 7 tahun !!! 

Akhirnya gw santai aja...
Besok paginya, gw dapat email masuk lagi dari costumer service XL, isinya selengkapnya seperti ini :

Yth. Bapak Fuad,

Terima kasih atas email Bapak.

Sehubungan dengan pertanyaan Bapak perihal penggunaan kembali nomor XL 08195197***, berdasarkan pengecekan pada sistem, dapat kami sampaikan bahwa status nomor XL 08195197*** dapat dipesan. Apabila Bapak berkenan menggunakan nomor XL 08195197*** kembali, Bapak dapat melakukan pemesanan dan mengaktifkan nomor kembali sebagai layanan Prabayar atau Pascabayar. Apabila nomor diaktifkan sebagai layanan Prabayar akan dikenakan biaya Rp. 250.000,- dan untuk pengaktifan sebagai layanan Pascabayar gratis. Berikut kami sampaikan ketentuan pemesanan nomor:
·         Pemesanan dapat dilakukan di XL Center terdekat.
·         Pemesanan nomor dapat dilakukan selama 5 hari.
·         Nomor cantik 10 digit hanya diperuntukkan bagi XL Pasca Bayar.




Sebagai tambahan informasi, berikut kami sampaikan ketentuan pengaktifan layanan Pascabayar:

Aktivasi XL Pascabayar :
§  Datang ke XLCenter
§  Mengisi formulir dan melengkapi persyaratan XL Pascabayar
§  Untuk lokasi XL center dapat Bapak akses melalui website kami http://www.xl.co.id/id/bantuan/xl-center
Persyaratan Aktivasi Baru XL Pascabayar
       WNI 
     1.  KTP / SIM
     2.  Foto copy kartu kredit
     3. Mencantunkan nomor telepon lain yang dapat dihubungi (PSTN/Hand Phone paskabayar/prabayar)
    4.  Swipe kartu kredit Rp 50.000
WNA 
1.     KITAS dan KIMS (harus keduanya)
2.     Foto copy kartu kredit
3. Mencantunkan nomor telepon lain yang dapat dihubungi (PSTN/Hand Phone paskabayar/prabayar)
4.     Swipe kartu kredit Rp 50.000
Catatan 
·     Satu kartu kredit maksimal untuk 3 Nomor XL, jika pelanggan mengajukan lebih dari 3 nomor XL,    maka kartu kreditnya juga wajib lebih dari 1.
·    Jika pelanggan membawa kartu kredit atas nama orang lain:
·    Membawa surat kuasa diatas materai yang ditandatangani oleh pemilik kartu kredit.
·   Memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi (PSTN/Hand Phone Paskabayar/Prabayar) pemilik kartu kredit untuk dikonfirmasikan.
Apabila Bapak berkenan untuk pemesanan nomor tersebut, mohon kesediaan Bapak untuk mengkonfirmasikan kepada kami dengan menyertakan nomor telepon lain yang dapat dihubungi.
Kami nantikan konfirmasi Bapak. Apabila Bapak memerlukan informasi lainnya, silakan menghubungi 817, 021 57959817 / 08170817707 dari telepon lainnya, mengunjungi XL Center terdekat, e-mail ke customerservice@xl.co.id atau melalui Twitter @XLCare dan Facebook XLCare.
Demikian informasi kami. Atas perhatian Bapak Fuad, kami ucapkan terima kasih.
Salam hangat XL


Waaaaaaaa, ya wajar gw girang banget :-) Akhirnya gw punya harapan untuk dapet lagi nomor lama gw... Karena masih bingung ma proses, dan gamang harus mengaktifkannya pakai prabayar ( biaya 250ribu ), atau pakai pascabayar ( free !!! ), gw nelpon lagi costumer service. Gw disarankan supaya langsung datang ke XL center Banjarmasin.
Dan kemaren, gw panas2an kesana, nanya dulu macam2 sebelum minta proses. Hmmm, ternyata lebih menguntungkan pakai pascabayar, apalagi untuk orang semalas gw, yang sering lupa isi pulsa (-_-)” ... Dengan pascabayar, gak perlu ribet mampir pinggir jalan buat beli pulsa, tinggal pake. Bayarnya pun ditagihkan via credit card perbulan. Aseeeekkk...
Prosesnya sama persis seperti yang diterangkan di email, kecuali kita harus beli perdana disana sebagai nomor dummy, yang kemudian ditimpa dengan nomor yang kita mau. Asiknya nih, gw dapat bonus, nomor gw langsung selesai hari itu juga, dan bisa dipakai saat itu juga !!! Cuman perlu 15 menit, semuanya beres.. Tentu juga dengan bantuan costumer service yang mau aja gw recokin, hehehe...
Akhirnya nomor lama gw aktif lagi. Alhamdulillah....
Dan sepertinya nostalgia gw gak lengkap apabila nomor itu masuk hp lain : tadi malam gw masukkin nomornya ke hp jadul gw, Nokia 3650 -- hp yang juga dulu gw pake waktu pake nomor itu sejak tahun 2003--.



Lengkap sudah nostalgia gw terhadap satu hal, dan gw berharap yang lainnya akan segera nyusul :-)





Salam


NB : Kok IM3 cuek banget ? Sampe sekarang email ga gak dibales2 ?? Pada sombong niiiiyyy...