Jumat, 19 Juni 2020

Nothing to lose




Pagi2, kaya biasa sesampai di kantor, sebelum jam kerja dimulai gw biasa buka2 hape dulu, liat status watsap temen2, tuit temen2, sampe setori di IG punya temen2..

Dan di setori IG gw, yang selalu apdet biasanya cuman setori akun berita banua, akun jualan hape jadul, ama satu temen gw yang kalo liat dia, ingatnya selalu kaktus :-D

Nah, isi setorinya si kaktus ini simpel banget loh, dia nanya kurang lebih gini : "Kenapa sih orang2 seneng ngasih harapan?"

Gw jawablah seadanya lewat DM

Dan namanya dia juga masih bocah, percaya aja ama yg gw bilang, padahal mah jawaban sekenanya aja, wkwkwkwk

Tapi tambah kesini, gw jadi mikir, pertanyaan ini kayaknya ga cuman ada dalam pikiran dia aja. Kadang kalo kita berharap pada seseorang, dan pupus, sedihnya poll loh cuy... Mikir gini juga, karena gw sendiri pernah ngalamin hal yang sama berulang kali.

Kalo awal2, yang namanya berharap trus ga dapet, ya sakit hati dikit, masih wajar aja lah. Tapi tambah ke depan, gw ga pernah lagi ngerasa yang namanya sakit secara berlebihan. Lah, gw jadi mikir doooong, kenapa jadi gitu? Dan setelah dikerucutkan, ada dua hal yang bisa bikin gitu : gw yang semakin tua, terlalu sering kehilangan harapan, akhirnya kebal, atau gw udah terlalu sering bikin harapan orang lain hancur tanpa gw sadari, dan itu akhirnya bikin empati gw ilang !!!

Serem aja kali ya kalo masuk ke penyebab yang kedua.

---------------------------------------------------

Kuncinya, ya karena kebiasaan

Jadi terngiang2 omelan Mama dulu kalo gw lagi ketauan bohong. Katanya sekali bohong, walaupun kecil, lama2 akan terbiasa bohong. Pun kebohongan akan terus nambah untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Nah, looooo !!!

Sekarang ya, terlepas dari bahasan diatas : 

Adalah mengerikan kalo gw secara tanpa sadar sudah ngasih harapan kepada satu orang, trus mengancurkannya tanpa gw sadari. Dan bagaimana kalo hal itu ternyata berulang terlalu sering, banyak banget harapan yang gw hancurin? Gw gak mempermasalahkan kalo hal itu bikin gw jadi kebal terhadap harapan gw yang dihancurin orang2. Gw cuman takut, hal tersebut bisa bikin empati gw lama2 jadi ilang !

Ya kalo orang yang gw hancurin harapannya itu juga udah kebal sih ga terlalu masalah, tapi kalo ampe menghancurkan orang yang bener2 berharap, dan bikin dia down setengah mati, apa ga merasa bersalah banget tuh?

-----------------------------------------------

Dalam DM ke kaktus, gw ngasih jawaban kenapa orang2 seneng ngasih harapan ? Gw jawabnya karena tanpa wujud. Iya, orang2 suka ngasih sesuatu yang ga nampak. Harapan, janji. Ngasihnya gampang, kan ga keliatan. Dan saat ngasih pun, ya ga berasa, nothing to lose

Dan hal yang bagi kita "gampang" itu ternyata bisa berdampak besar ama orang lain, yang entah beneran berharap, atau cuman baper.

------------------------------------------------

Di ujung tulisan bodoh ini, gw seperti biasa, ga pernah ngasih solusi. Gw malah ingin tulisan ini jadi perbaikan bagi diri gw pribadi. Kayaknya terlalu banyak harapan yang udah gw hancurin, begitu banyak janji yang ga gw laksanakan, dan terlalu banyak kebaperan yang terjadi karena gw terlalu lebay ngasih perhatian.

Udah gitu aja, Tulisan gw emang ga pernah serius. Sono, kerja lagi !