Kamis, 29 Juli 2010

Hobi Bolos : Kerjaan Anak Kecil

Sekolah gak selalu menyenangkan. Mungkin saat Taman Kanak-kanak emang bisa bebas mau ngapain, teriak-teriak,lari-lari, rebutan mainan ma temen, sampe pipis sembarangan juga dianggap biasa aja. Tapi semenjak masuk SD, kesenangan itu udah mulai berkurang.

Jadi inget, dulu pas kelas 1 SD bĂȘte bukan main. Untuk pelajaran lain emang bisa dikuasain dengan baik, tapi masalah hafalan, gw ampun-ampunan…

Pernah disetrap, berdiri didepan kelas gara-gara gak pernah hafal Surah Al-Kafiruun. Itu malah 2 kali berturut-turut. Setelah minggu ketiga udah hafal dengan baik, eh, Guru Agama malah ganti hafalan Surah baru, hahahaha….

Trus satu lagi, masalah Imunisasi yang diberikan saat kelas 1 SD. Informasi nih, gw paling alergi ma beberapa hal : Balon, mie ayam, ma jarum suntik !!!

Dan pas waktu sial itupun datang, stress bukan main saat petugas Puskesmas datang dengan senyum riang gembira, seolah berkata bahwa nyoblos lengan anak kecil--yang belum sunat--pake suntikan itu adalah hal yang sangat menyenangkan… Bahkan sebelum pembantaian itu dimulai, seolah tanpa merasa bersalah, para perawat itu dengan riang gembira nyuruh kami nyanyi, walaupun antara suara nyanyi, tepuk tangan dan suara gemeteran bercampur :

“ Aku anak sehat, tubuhku kuat..

Karena ibuku rajin dan cermat

Semasa aku bayi, slalu diberi ASI

Makanan bergizi, dan imunisasi

Berta badanku ditimbang slalu

Posyandu menungguku setiap waktu

Bila aku diare, ibu slalu waspada

Pertolongan Oralit, slalu siap sedia…. “

( Ohh Tuhan, gw benci ma lagu ini…….)

Alhasil, bukan hanya gw yang pengen nangis dan pengan kabur dari kelas sesegera mungkin. Ada beberapa orang yang udah duluan menuju pintu keluar secepat-cepatnya. Apa daya, dipintu udah dihalangin ma guru olahraga yang badannya segede gerobak Mang Amat ( tukang pungut sampah SMU gw ). Ya sudahlah, menyerah, dan hanya berusaha menahan agar airmata gak jatuh kelewat banyak saat dinginnya jarum nusuk lengan. Cessssssssss……

Nah, atas dasar itulah gw berani mengambil kesimpulan bahwa sekolah itu gak selalu menyenangkan ( apalagi gak punya gacoan dikelas :-)

Pas SMU, bakat males belajar ternyata bergaris lurus dan sejajar dengan kemauan beberapa teman dikelas. Apalagi ketemu ma guru ( lagi2 ) Agama yang tiap masuk kelas nyuruh ngehafal bacaan yang panjang-panjang.

Bolos tiap hari Sabtu pun jadi adat istiadat baru. Pagi-pagi dijemput ma temen, pura-pura ke sekolahan ( maafkan aku, Mama…), padahal ke lapangan dibelakang Kantor Polisi Militer, karena disana paling sepi. Setelah nunggu jam masuk, baru petualangan dimulai. Pagi2 nyari makan, trus bisa ngerokok ( sungguh hal yang kurang ajar dilakukan oleh pelajar), main billyard, maen PS1 ( sumpah, waktu itu PS2 masih jarang ada disini), sampe jam 1 siang. Gw pulang kayak anak lainnya juga, jadi ortu gak pernah curiga.

Selepas sholat Dzuhur--ThanksGod, I still remember of You-- dijemput temen yang lain lagi. Kali ini jalan ke trek balap diluar kota. Nyampe sana ya seneng2, nonton temen2 latihan balap sampe nyoba motor korekan temen yang baru. Jam 6 sore udah nyampe rumah lagi. Nah, habis sholat Maghrib, dijemput temen lagi, ngafe sampe tengah malem, baru pulang lagi kerumah… Begitu terus, sampe akhirnya nilai rapor anjlok, baru mulai insaf, hehehe…

Intinya bolos itu adalah kerjaan kekanak-kanakan. Gak pernah berpikir jauh gimana dampaknya kedepan. Sadar aja sih, sampe sekarang gw juga masih suka bolos kuliah, tapi karena kuliah ini gak terlalu ngoyo, jadi ya santai aja, hehehe….

Lantas bagaimana dengan Anggota “terhormat”-uhuk..uhuk..- kita yang suka bolos?

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu,anggota DPR hobi juga ternyata bolos. Gak tanggung-tanggung, ada yang bahkan gak pernah sekalipun masuk saat sidang !!! Mantep Jeng, sekalian aja berenti kerja, dirumah aja nonton gossip yang isinya Ariel-Lunmay-Cutri ato KD-Raul Lemes.

Bolos saat sekolah masih wajar, tapi bolos saat sudah diberi amanat oleh rakyat sungguh perilaku yang memalukan. Yang milih sampeyan gak cuman satu orang, ribuan orang yang dukung sampeyan, makanya situ bisa duduk enak dikursi empuk sambil tiduran di gedung miring DPR. Apa gak malu ma orang-orang yang udah percaya ma sampeyan???

Ada opsi yang diberikan oleh beberapa kalangan : Gunakan Finger Print Machine untuk absensi Rapat DPR. Hmmm, usul yang bagus. Herannya ada yang anggap itu adalah penghinaan. Waduh Pak, gak masuk saat sidang itulah yang sebenarnya penghinaan ma konstitusi. Anda lupa sudah disumpah ? Anda lupa apa isi Sumpah ? Hmmmm, kayaknya anda sedang tidur saat disumpah :-p

Sekedar ngasih tau, gw bekerja di instansi yang sesungguhnya “menghasilkan” APBN, biaya belanja Negara, termasuk untuk bayar Gaji Bapak/Ibu Anggota Dewan semuanya. Kami yang nyarikan uang aja gak masalah kerja keras, absen pake Finger Print. Lha, kenapa sampeyan yang dapet gaji gede dari hasil kerja kami malah TAKUT menggunakan benda itu ??? Apa biar bisa bolos sesuka hati ???

Rakyat udah tau siapa yang paling kekanak-kanakan di Negeri ini…