Selasa, 04 November 2008

Insyaf


Ramadhan tahun 2004 lalu gw masih di Makassar. Suatu sore ( gak inget persis ) kami satu kost ditambah temen2 dari Kendari jalan2 ke Pantai Losari. Sambil nunggu ta'jil, duduk2 dipinggir siringnya. Buka cuman pake Fanta botol yg udah gak begitu dingin karena kelamaan dipajang, abis itu langsung lari2 nyari2 mesjid ato surau buat sholat...

Akhirnya sekitar 500 meter nemu deh satu mesjid dalam gang yg bener2 nyempil diantara deretan bangunan tinggi, hotel dan ruko. Wudhu dulu sambil becanda2, siram2an kayak anak kecil, baru masuk mesjid. Sholat lah semuanya disana, Alhamdulillah...

Udah selesai, gw mundur beberapa shaf kebelakang. Dan pandangan gwe langsung tertuju pada satu pemandangan yg bener2 belum pernah gw liat sebelumnya. Ada kakek2 yg udah sangat tua, gak bisa berdiri, udah bungkuk, beliau juga udah ( maaf ) cacat. Tapi dengan semangat masih memakmurkan mesjid. Masya Allah...

Langsung merinding, karena langsung ingat betapa berdosanya gw karena dulunya sering ninggalin sholat cuman gara2 pertandingan bola di TV belum usai. Orang yang sudah kehilangan separuh kesehatannya saja masih menyempatkan diri bersujud, kenapa gw yg segar bugar malah nggak ???

Abis itu beneran insaf, pokoknya pas nyampe rumah langsung sholat dan berdoa bener2, mudah2an sholat gak ada lagi yg ketinggalan...

Masih terbayang sang Kakek duduk sholat dekat tiang dengan tongkat yang bersandar di samping kanannya...